27Jul2023

CaraMempercepatLoadingWebsiteDenganDesainyangEfisien

Pelajari cara mempercepat loading website-mu dengan desain yang efisien. Dapatkan wawasan mendalam terkait hal tersebut disini!

Mempercepat loading website dengan desain yang efisien

 

Halo LabsPeople! Apakah kamu orang suka yang suka menunggu? Misalkan ketika kamu mengantri untuk membeli tiket bioskop? Atau mungkin untuk membeli makanan/minuman kesukaan-mu? Kami rasa, kamu yang membaca ini bukanlah orang yang suka menunggu, bukan begitu? Jika memang begitu, maka hari ini kita bertemu secara virtual di momen yang tepat. Karena, kita akan membahas tentang "Cara Mempercepat Loading Website dengan Desain yang Efisien".

 

Mengapa Kecepatan Loading Website Penting?

Di bagian awal artikel ini, kamu sudah membayangkan bagaimana lelahnya menunggu hal yang kamu tunggu-tunggu. Sekarang, mari kita ubah perspektifnya. Kamu adalah orang yang menyediakan suatu hal yang orang-orang suka. Namun orang-orang kelelahan menunggu, dan akhirnya tidak lagi memiliki hasrat untuk membeli atau memiliki hal yang kamu sediakan. Bukankah akan jadi malapetakan bagi bisnis-mu?

 

Sama halnya ketika kita memiliki sebuah situs web. Orang-orang tidak suka menunggu. Salah satu studi mengemukakan bahwa pengunjung situs web cenderung akan meninggalkan situs jika lama loading lebih dari tiga detik. Sehingga, akan sangat penting untuk-mu para pemilik website untuk memperhatikan kecepatan loading halaman-halaman situs web-mu. Karena hal ini, tidak hanya berpengaruh terhadap perspektif pengguna terhadap bisnis-mu, akan tetapi juga akan membantumu meningkatkan peringkat di mesin pencari Google.

 

Desain yang Efisien untuk Mempercepat Loading Website

Untuk mempercepat loading website-mu kamu tentu harus memperhatikan segala aspek, dari mulai 'mesin' yang menyimpan data-data website-mu, desain yang kamu buat untuk membungkus website-mu agar menjadi website yang menarik, hingga konten-konten yang kamu tunjukkan di dalamnya. Berikut adalah cara mempercepat loading website-mu dengan mengefisiensikan desain yang ada pada website-mu:

 

  1. Optimalisasi Gambar: Beberapa elemen yang akan kamu gunakan untuk memperjelas dan mempercantik konten-mu tentu berupa gambar, video dan animasi. Gambar atau video atau animasi tentu memiliki ukuran yang kerap kita kenal dengan kilobyte, megabyte, gigabyte dan seterusnya. Elemen-elemen yang memiliki ukuran besar tentu akan memakan penyimpanan website-mu dan akan berimplikasi pada kecepatan loading website-mu. Sama seperti kinerja otak kita. Jika kita terlalu banyak memikirkan sesuatu, maka kita akan cenderung sulit dan lebih lama untuk memproses suatu hal. Maka dari itu, gunakan elemen-elemen konten yang berukuran kecil namun jangan lupakan relevansi dari elemen-elemen tersebut. Sehingga kamu tidak mengorbankan kualitas untuk kecepatan website-mu.
  2. Penggunaan Font yang Tepat: Jika kamu merupakan pengunjung website, tentu akan cukup melelahkan terlalu banyak melihat font yang berbeda-beda. Hal ini pun cukup berpengaruh kepada kecepatan loading website. Menggunakan font yang terlalu bervariasi akan memperlambat loading website-mu. Kembali, kamu tidak perlu mengorbankan kualitas dari website-mu. Justru, dengan menggunakan font yang konsisten, website-mu akan terlihat lebih elegan.
  3. Minimalkan Penggunaan Plugin: Penggunaan plugin bisa jadi akan kamu butuhkan. Seperti yang banyak orang sudah ketahui, plugin dapat membantu-mu untuk mengoptimalisasikan fitur-fitur yang dapat dinikmati pengunjung situs web-mu atau pun untuk mengoptimalisasi kinerja website-mu di bagian content management system. Dan oleh karena itu, ketika salah satu fungsi plugin adalah untuk mengoptimalkan kinerja situs web-mu, kamu tidak perlu terlalu banyak memasang plugin. Seperti istilah yang sering kita dengar, semua yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, pilihlah dengan bijak plugin yang ingin kamu terapkan di website-mu.
  4. Gunakan Lazy Loading: Mungkin kamu tidak terlalu familiar dengan lazy loading. Maka yang pertama dan yang paling penting, kamu perlu ketahui apa itu lazy loading. Lazy loading adalah suatu teknik untuk memuat elemen-elemen seperti gambar atau lainnya muncul hanya ketika elemen-elemen tersebut muncul dalam viewport pengunjung website-mu. Dengan teknik ini, kecepatan loading website-mu dapat lebih teroptimalisasi.

 

Mempercepat loading website adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan SEO. Dengan mendesain website-mu dengan cara yang efisien dan mempertimbangkan kecepatan loading, kamu dapat menciptakan situs yang lebih baik bagi pengguna dan mesin pencari. Selamat mencoba!

OtherJournals

  • Panduan Desain Visual Efektif: Optimasi User Experience

    PanduanDesainVisualEfektif:OptimasiUserExperience

    28 July 2023

    Dapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana panduan desain visual efektif dapat mengoptimalkan user experience.

  • Menerapkan dan Membuat Animasi di dalam Website

    MenerapkandanMembuatAnimasididalamWebsite

    26 July 2023

    Pelajari langkah-langkah untuk membuat animasi di website agar platform-mu lebih menarik dan juga fungsional untuk digunakan!

Ready to transform your business?

Consult with Us!

[  0%  ]

One Stop Creative Tech Solution


est. 2019