Ketahui bagaimana dampak desain website yang baik meningkatkan kesan positif dan kepercayaan pelanggan di dalam artikel ini!
Hai, LabsPeople! Apakah saat ini kamu tidak memiliki keyakinan bahwa desain website mengandung nilai yang jauh lebih banyak daripada hanya sekedar tampilan yang indah saja? Kami dapat mengatakan bahwa, kamu bisa lebih meyakini bahwa desain website memiliki nilai lebih daripada hal tersebut. Di balik setiap elemen-elemen yang terkandung di dalamnya, tentu terdapat makna-makna implisit, salah satunya adalah cerita suatu brand yang tentunya ingin dikomunikasikan oleh sebuah bisnis atau pun organisasi. Di dalam artikel ini, kamu akan mengetahui dan memahami bahwa terdapat dampak desain website terhadap brand image sebuah bisnis atau organisasi. Mari kita jelajahi lebih dalam lagi!
Kesan Pertama Itu Penting!
Sebagai pengunjung, ketika kamu mengunjungi sebuah website yang memiliki tata letak yang rapih, navigasi yang dapat membantu-mu menggali informasi atau fitur yang kamu butuhkan dan inginkan, serta memiliki kesan modern, apakah kamu akan menganggap kalau website tersebut tidak profesional? Kami yakin sebaliknya.
Kesan pertama ketika seorang pengunjung mengakses website-mu akan menjadi tolok ukur bagi mereka, apakah kamu memiliki profesionalitas yang tinggi atau justru tidak memiliki profesionalitas sama sekali. Sebuah studi mengatakan bahwa brand image dipengaruhi tiga hal; kualitas produk brand, kesan yang kamu buat dengan inisiatif marketing, dan tingkat pelayanan konsumen yang diberikan.
Ketika kamu tidak memiliki kesan pertama yang baik, maka brand image bisnis atau pun organisasi-mu akan menurun atau secara sederhana; pengunjung website-mu akan menganggap brand image-mu tidak relevan dan tidak memiliki kualitas yang baik di dalam pandangan mereka.
Konsistensi dalam Branding
Ketika kamu memiliki seorang kolega yang memiliki rutinitas yang sering kamu lihat, apakah kamu sulit untuk membedakan kolega-mu dengan orang lain yang semisal memiliki penampilan yang sama? Tentu tidak bukan? Karena setiap orang memiliki identitas uniknya masing-masing, dan identitas tersebut dibangun bukan hanya dari penampilannya. Akan tetapi juga dapat terlihat dari rutinitas yang secara konsisten kolega-mu lakukan.
Hal ini berlaku di dalam desain website yang kamu akan bangun. Penggunaan font atau tipografi, elemen-elemen desain seperti animasi, atau penggunaan warna yang tentu harus selaras dengan brand-mu akan memberikan pesan repetitif kepada audiens-mu yang nantinya akan berimplikasi kepada penilaian audiens-mu terhadap brand-mu. Penilaian ini lah yang tentunya menjadi dampak sebuah desain website terhadap brand image. Brand-mu memiliki sebuah unique value proposition yang termanifestasikan oleh desain website yang kamu kembangkan secara konsisten.
Memperkuat Pesan-mu dengan Desain Website yang Interaktif
Dalam memilih elemen-elemen visual seperti warna, tipografi dan lain-lain. Tentu yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menyelaraskan semua elemen-elemen visual tersebut dengan misi dan visi brand-mu. Koherensi dari elemen-elemen visual dengan misi dan visi brand akan meningkatkan efektivitas komunikasi-mu terhadap audiens-mu.
Tidak hanya itu, keselarasan ini pun harus diimbangi dengan estetika dan juga fungsi. Dimana, pemilihan elemen-elemen visual yang mengundang interaksi yang membantu pengunjung situs web-mu mendapatkan informasi yang mereka inginkan secara menyenangkan akan meningkatkan kredibilitas dari brand bisnis atau pun organisasi-mu. Sehingga akan terbentuk ikatan emosional baik secara mikro atau pun makro yang akan berdampak kepada perspektif audiens-mu terhadap brand bisnis atau organisasi-mu.
Desain Website Sebagai Refleksi Brand-mu
Bagi banyak pengunjung, website-mu bisa jadi interaksi pertama mereka dengan brand-mu. Pastikan bahwa desain website-mu tidak hanya menarik, tetapi juga mencerminkan nilai dan esensi brand-mu dengan baik. Ingat, tampilan website-mu bisa membangun atau menghancurkan brand image bisnis atau organisasi-mu!
Ready to transform your business?
Consult with Us!